SK KD SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
KELAS VII
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
3. Memahami wujud zat dan perubahannya
|
3.3
Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan
sehari-hari
3.4
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu
benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.
Memahami berbagai sifat dalam
perubahan fisika dan kimia
|
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia
melalui percobaan sederhana
|
5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.2
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan
antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman
mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam
pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
KELAS VIII
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul
3.2 Menghubungkan konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3 Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa
|
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.3. Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat,
cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
6.2 Mendeskripsikan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
6.3 Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
KELAS IX
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada
makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia melalui produksi pangan
|
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat
magnet
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3 Menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang
memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata
surya
5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang
dan bumi sebagai salah satu planet
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|